Lilypie Kids Birthday tickers
Lilypie Second Birthday tickers
Lilypie First Birthday tickers
Daisypath Anniversary tickers

Selasa, 20 April 2010

Ramuan Herbal Racikan Sendiri

Ingin mencoba ramuan herbal untuk si kecil ?? boleh2 saja, asalkan harus tetap memperhatikan higienitas dan pilihan bahan yg harus disesuaikan kondisi buah hati...
Berikut beberapa ramuan herbal yang bisa diracik sendiri di rumah :

Penurun Panas, Batuk dan Pilek
Parutlah bawang merah, tambahkan minyak telon, lalu balurkan pada punggung sampai dengan pantat sambil diurut-urut. Juga balurkan pada pusar dan ubun-ubun.
Untuk Ramuan yang diminum : air kelapa muda 1 cangkir + 1 sendok teh madu, aduk lalu kukus. Setelah dingin, berikan pada anak sebanyak 1 sendok teh setiap 2 jam sekali. Ramuan ini diberikan pada Bayi 8 bulan ke atas.
Bila Usia anak di bawah 1 bulan, cukup dengan pemberian ASI atau Ibunya yang minum ramuan tersebut.
Pada Anak yang agak besar, gunakan ramuan minum berupa air kunyit dan madu : setengah sampai satu ruas jari kunyit yang sudah bersih dibakar, dikerik kulitnya,diparut lalu diberi air matang 1/2 cangkir, peras kemudian diendapkan. Campur bagian air kunyit yang tanpa endapan dengan kocokan 1 butir kuning telur ayam kampung dan 1 sendok makan madu. Ramuan ini bisa untuk penurun panas seperti pada sakit cacar air dan flu.

Digigit Nyamuk
Hilangkan bekas gigitan dengan tanaman sambiloto yang diremas-remas dan dioleskan ke bagian bekas gigitan tersebut. Kalau tidak ada daun sambiloto bisa menggunakan minyak sereh.

Diare
Sediakan 1/2 ruas jari kunyit yang sudah bersih, dibakar, lalu dipotong-potong, 7 pucuk daun jambu biji, air 2 gelas dan garam 1/4 sendok teh, rebus dengan api kecil. Minum airnya, 1 sendok teh satu jam sekali, untuk mengusir gas, pusarnya ditempeli dengan parutan bawang merah yang sudah diberi minyak telon.
Untuk anak yang sudah agak besar, boleh juga dengan mengunyah halus pucuk daun jambu klutuk yang sudah bersih ditambah garam, lalu ditelan. 

Luka-luka berdarah
Cuci bersih daun jambu biji atau daun bandotan juga boleh, kemudian remas-remas. Tempelkan pada luka tersebut. Insya Allah, darah akan segera berhenti.

Demam
Cara 1 : 
200 gr wortel diparut lalu diperas hingga keluar air sarinya. Air perasannya direbus kemudian diminum selagi hangat.
Cara 2 :
5 kuntum bunga kenop dan 5 gr manisan labu tangkua/labu bligo direbus dengan air secukupnya. Minum air rebusannya.
Sumber : Majalah Al Falah Edisi 241
 
Copyright 2009 Emyu Family. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan