Lilypie Kids Birthday tickers
Lilypie Second Birthday tickers
Lilypie First Birthday tickers
Daisypath Anniversary tickers

Rabu, 30 Desember 2009

''Sadari'', Cara Efektif Atasi Kanker Payudara

Salah satu penyakit yang cukup sering terjadi pada wanita dan mematikan adalah kanker payudara... sering kali terdeteksi pada saat stadium lanjut dimana terapi yang diberikan seringkali tidak dapat membuat pasien bertahan dan berakhir dalam kematian dan kesakitan...

Kanker payudara umumnya terdeteksi saat pemeriksaan umum (general check up), skrining, ataupun bila ada keluhan spesifik umumnya sudah sangat lanjut misalkan pembesaran payudara atau borok yang tidak sembuh-sembuh...


Untuk itu para ahli menyarankan untuk melakukan SADARI (periksa payudara sendiri) sebagai salah satu skrining awal terhadap kanker payudara... murah dan bisa dilakukan setiap saat

Kapan kita mulai rutin SADARI?
Setiap wanita yang sudah memasuki usia 20 hendaknya melakukan SADARI. Setidaknya setiap 3 tahun sekali hendaknya wanita melakukan pemeriksaan payudara oleh dokter hingga berusia berusia 40 tahun. Setelah berusia 40 tahun setidaknya melakukan mamogram satu tahun sekali.

Waktu yang tepat untuk SADARI?
Setidaknya satu minggu setelah menstruasi hari pertama, dimana payudara tidak dalam keadaan membengkak dan nyeri.

Apa yang harus diperhatikan pada payudara?
perhatikan bentuk dan perabaan payudara, perhatikan setiap perubahan dalam payudara seperti:
- adanya benjolan baik teraba ataupun terlihat
- perubahan bentuk payudara
- penebalan jaringan payudara yang tidak beraturan
- adanya cairan yang keluar dari puting (nanah, darah)
- kulit yang memerah dan hangat
- gambaran kulit jeruk pada payudara (dimpling)
- retraksi puting (puting tertarik kedalam)

Pemeriksaan Visual
Tanggalkan pakaian-bra dan berdiri di de pan cermin dengan posisi lengan atas disamping. Perhatikan dengan seksama dari sisi depan maupun samping apakah terdapat tanda-tanda pengerutan, dimpling, perubahan bentuk dan ukuran, serta ketidak simetrisan antara payudara kanan dan kiri. Perhatikan pula bila terdapat retraksi puting (puting masuk kedalam = inverted nipple). Lakukan pemeriksaan ini dengan posisi tangan yang berbeda yaitu tangan diangkat ke atas, berkecak pinggang, dan berkecak pinggang sambil membungkuk.
Pemeriksaan Fisik
Lakukan sambil tiduran atau bisa pula sambil mandi. Lepaskan baju dan bra. Bila ingin dilakukan sambil mandi, oleskan sabun pada jari dan payudara terlebih dahulu. Bila dilakukan sambil tidur, lakukan diatas tempat tidur atau yang permukaannya rata.
Perabaan dilakukan dengan 2 pola:
1. Clock Pattern: let akkan tangan kiri dibelakang kepala dan rabalah payudara kanan dengan tangan kanan. Letakkan tangan pada arah jam 12 payudara pada puncak payudara. Dengan menggunakan tiga jari tengah, tekan payudara selembut mungkin dengan gerakan memutar dan memijat. Rasakan apakah terdapat benjolan saat tangan bergerak dari arah jam 1 ke jam 2 seterusnya hingga jam 12. Ulangi dengan menggeser sedikit jari menuju kearah puting, hingga selanjutnya mencapai puting. Periksa bagian dibawah puting dan perhatikan adanya cairan yang keluar, periksa pula apakah terdapat pembesaran kelenjar getah bening di ketiak, jaringan sekitar payudara dengan gerakan yang sama. Lakukan hal yang sama pada payudara kiri dengan menggunakan tangan kiri.
2. Wedge Patern: letakan letakkan tangan kiri dibelakang kepala dan rabalah payudara kanan dengan tangan kanan. Anggap payudara sebagai potongan kue pie (kuadran). Mulai dari puncak lingkaran sekitar 1-2 cm dari tulang selangka, gunakan tiga jari tengah, tekan payudara selembut mungkin dengan gerakan memutar dan memijat sambil jari bergerak ke arah puting pada kuadran yang pertama, lakukan hal yang sama pada kuadran berikutnya searah jarum jam. Periksa bagian dibawah puting dan perhatikan adanya cairan yang keluar, periksa pula apakah terdapat pembesaran kelenjar getah bening di ketiak, jaringan sekitar payudara dengan gerakan yang sama.
Apapun pola yang dipilih jangan lupa untuk memeriksa cairan puting dengan mencubit lembut puting dengan jari pada posisi jam 12 dan jam 6 dan sekali lagi dengan jari pada posisi jam 9 dan 3.
 
Copyright 2009 Emyu Family. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan